Senin, 09 Juni 2008

terminal Mangkang & rest area

Adanya suatu kesempatan yang lewat untuk ikut memimpikan kota Semarang sekian tahun lagi merupakan suatu anugrah, sehingga kadang-kadang harus dengan cepat dituntut untuk menggali ide. Barang kali memang belum sempurna tetapi paling tidak akan memberikan acuan dalam mewujudkannya.

Suatu kebahagiaan tersendiri ketika ide yang kita gagas tersebut akhirnya diwujudkan dan menempati satu tempat di kota Semarang serta yang penting bahwa apa yang kita mimpikan tadinya saat ini dapat bermanfaat untuk masyarakat kota.

Terminal Mangkang.

Ide gagasan bermula dengan keinginan pemerintah kota untuk memindahkan terminal Terboyo yang dianggap sudah tidak memenuhi persyaratan ke wilayah Barat kota Semarang. Sementara yang lain berkutat tentang fisibility studi dan konsep pengembangan, ternyata sketsa gagasan datangnya lebih cepat.

Dalam sketsa sdh memikirkan tentang Terminal Bis Terpadu, yaitu dipadukan dengan Mall/pusat perbelanjaan, Stasiun Kereta Api Mangkang dan Pusat perpindahan moda angkutan kota. Jalan Layang digagas untuk menghindari kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Mangkang.

Rest Area dan Kebun Binatang

Pada waktu menggagas terminal Mangkang, ternyata pemerintah kota memiliki tanah yang sementara ini tak termanfaatkan ( kebun buah )sehingga meminta ide untuk memberikan nilai tambah.

Ide awal yang muncul adalah menghadirkan ‘ rest area ‘ bagi para pengguna jalan raya yang nyaman dilengkapi fasilitas rumah makan, pemancingan, tempat bermain dan penginapan. Ketika ide ditawarkan cukup responsive tanggapannya tetapi lahan yang ada masih memungkinkan untuk dikembangkan, sehingga ide berikutnya adalah memindahkan kebon binatang Tinjomoyo yang kondisinya hidup segan mati tak mau. Rencana ini sudah mulai tampak terealisasi.

2 komentar:

orangpelupa mengatakan...

pak, itu gambar nya tidak muncul

sebaiknya gunakan fitur "upload" gambar dar blogger seperti di postingan bapak yang lain atau menggunakan layanan seperti imageshack.us.


Regards,
orangpelupa

manail mengatakan...

salam kenal pak,
selamat p ak ahirnya resmi di resmikan ya pak terminalnya, saya sudah dua kali ikut seminar dimana bapak menjadi pembicaranya, terakhir yang di atmajaya jogja,
kalo boleh tau bagai mana saya bisa menghubungi bapak email mungkin kalo boleh pak
trimakasih
indro