Senin, 10 Juni 2013

KAWASAN STASIUN JEBRES - PASAR LEDOKSARI KOTA SURAKARTA (SEBUAH GAGASAN)



Stasiun Jebres merupakan bangunan cagar budaya yang ditetapkan oleh pemerintah kota Surakarta karena memiliki nilai arsitektural, sejarah dan budaya. Stasiun ini terletak di kawasan  permukiman dan perdagangan dengan tataruang yang belum terencana.
Kawasan stasiun Jebres memiliki beberapa bangunan fasilitas umum diantaranya, pasar, pertokoan, sekolahan dan perkantoran. Kondisi bangunan pada kawasan ini bervariasi, berupa bangunan permanen dan semi permanen, sedangkan bangunan temporer berupa kios-kios sementara untuk PKL.
Status kepemilikan lahan berupa tanah-tanah milik PT.KAI, pemerintah masyarakat dan swasta.
PT. KAI dan pemerintah kota Surakarta merevitalisasi bangunan dan kawasan tersebut agar mampu dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan ideologis, akademis dan ekonomis/
GAGASAN PENGEMBANGAN
Mewujudkan eksistensi kawasan stasiun Jebres yang memenuhi fungsi ideologis, akademis dan ekonomis dengan mengacu pada kepentingan dan harapan masyarakat, pemerintah kota dan PT. KAI.
Gagasan Rancangan ini hanya merupakan sumbangan pemikiran dari senthongomahkampoeng dengan mengupayakan mengacu pada minimalisasi dampak bagi masyarakat, perubahan kondisi eksisting dan menerapkan pola MEMBANGUN TANPA MENGGUSUR.


1 komentar:

om wisnu mengatakan...

Artikel menarik, kebetulan saya sedang menyusun thesis S2 di Arsitektur ITB dengan objek Kawasan Stasiun Jebres. Lebih membahas peremajaan kawasan, bukan arsitektur bangunannya.

Saya ingin menghubungi anda. Bagaimana caranya?
Terimakasih

Wisnu
email: wisnusu@gmail.com